Tuesday, December 12, 2006

Hari ini Surabaya terasa panas seperti biasa, kenapa ya bulan desember belum hujan juga. APa karena tahun lalu saya selalu berdoa agar hujan segera berhenti, dan banjir di depan rumah segera surut ? Mendung tetapi udara sangat pengap. DAn jalan Darmo semakin lama semakin sesak oleh kendaraan yang lalu lalang ...
" aku heran dengan negeri ini " kata seorang teman kemarin
" mengapa?" tanya saya
" katanya negeri miskin tetapi mobil-mobil mewah berseliweran dan motor-motor kayaknya bertambah dua kali lipat " keluhnya
Saya pun terdiam, kalau dua atau tiga tahun lalu mungkin kami akan terlibat perbincangan yang seru.Tetapi saya yang sekarang sudah ngga berminat dengan politik, ekonomi dll. Bahkan rasanya ngga berminat terhadap apapun sekarang ini...
" Biarin ajalah" kata saya
Tetapi kemudian ia juga terdiam lama...
akhirnya sebagai manusia yang masih merasa normal saya pun mulai berbicara tentnag sesuatu .. rasanya tentang uang bonus tahun ini. Dan percakapan tahun-tahun sebelumnya masih juga terulang lagi tahun ini.Tentang bos yang rasanya ngga menilai bagus lah, uang bonus yang habis untuk itu lah , bonusnya si A yang 20 kali gaji lah atau bonus si B yang bisa buat nyicil uang muka rumah lah.

Pekerjaan sekarang bukan lagi untuk mengembangkan diri tapi hanya untuk mempertahankan kehidupan dan gaya hidup.

No comments: