Thursday, October 19, 2006

ayah...

Ketika itu saya masih di sekolah di sebuah sekolah menengah pertama, smpnegeri 1 denpasar tepatnya. Walaupun termasuk sekolah yang terkenal dan reputasi nya baik ( setidaknya di denpasar), letaknya yang ditengah kota cukup jauh dari rumah saya. Setiap hari harus mengayuh sepeda pagi-pagi buta bila jam olahraga dan kehujanan kalo musim hujan tiba.
Kalo ayah saya berangkat kerja, kadang -kadang saya ikut dibonceng dengan vespa. Yah lumayan ngga capek mengayuh sepeda, walaupun pulangnya saya harus mengejar bemo buat pulang tapi yah itu kebahagian kecil buat saya.
Tapi dibonceng dengan ayahpun kadang - kadang ada ngga enaknya, entah mengapa kalau naik motor ayah saya selalu pelan, sama sekali ngga pernah ngebut. Kecepatan mungkin hampir 40 km/jam rata-rata, walaupun jalanan sepi.Dan Saya pun kadang-kadang terlambat, bahkan pernah suatu kali jam olahraga saya terlambat hampir setengah jam dan semua anak lain sudah mau pulang.Dan saya pun menyesal ikut ayah saya, tahu gini mending naik sepeda ato bemo.
Setelah SMA saya akhirnya naik motor sendiri, tapi kebiasaan ayah yang ngga pernah ngebut tertular ke saya . Sampai sekarang setelah kuliah dan kerja di kota yang jauh dari rumah saya hampir tidak pernah ngebut lebih dari 60 km perjam.Kadang - kadang lihat orang yang naik motor sampai 100 km perjam di jalanan yang sibuk membuat saya miris dan ngeri sendiri.
Tetapi tetap saja rasa penasaran mengapa ayah saya ngga pernah mau naik motor ngebut masih ada, dan disuatu sore beberapa waktu yang lalu disaat yang bertahun-tahun kemudian sayapun bertanya .
" Mengapa sih kalo ayah naik motor selalu pelan ?" tanya saya
" Ah, biasa saja kadang-kadang aku jg serng ngebut " jawabnya
"Yah dulu kalo nganter aku,pasti terlambat deh "
" Anak aneh, tentu saja aku pelan-pelan karena ada kamu diboncengan " jawabnya dengan tenang.

dan saya pun mulai menangis

No comments: